Laman

Sabtu, 09 November 2013

Raja Jalanan dari Dubai, Diklaim Bisa Melesat 560 Km/Jam

VIVAnews - Sebuah mobil di perhelatan Dubai Motor Show 2013 menjadi soroton banyak pihak. Sebab, si produsen mengklaim mobilnya bisa melesat hingga 560 km/jam.

Dilansir Carscoop dan Jalopnik, Kamis 7 November 2013, mobil yang masih dalam bentuk prototipe itu diberi nama Devel Sixteen.

Defining Extreme Vehicles Car Industry L.L.C, produsen Devel Sixteen mengklaim produknya memiliki angka-angka mencengangkan untuk ukuran sebuah mobil.

Dimulai dari klaim untuk jatung pacunya, yang mengusung mesin V16 bertenaga 5.000 hp atau lima kali lebih besar dari Bugatti Veyron W16 powerplant. Berkat mesin itu, Devel Sixteen bisa berlari dari 0-100 km/jam dalam tempo 1,8 detik, sebelum mencapai kecepatan puncak 560 km/jam.

Untuk tampilan luarnya, Sixteen seperti persilangan antara Lamborghini Veneno dan Pagani Zonda. Ditambah desain bergaya jet tempur, mengingat terdapat dua pipa knalpot besar di belakang mobil seperti mesin supersonik dan sayap belakang besar.

Mohammad Al Attar, salah satu pemimpin perusahaan Defining Extreme Vehicles Car Industry, mengatakan, ini akan menjadi mobil tercepat di dunia. "Saya yakin tidak ada yang seperti ini sejauh ini," klaimnya dikutip Emirates 24/7.

Namun, dengan kecepatan 560 km/jam, ada satu masalah. Yakni, tidak ada ban yang bisa menahan laju mobil pada kecepatan setinggi itu.

"Kami telah berbicara dengan berbagai perusahaan dan bahkan telah mendekati penyedia pesawat. Tetapi, tidak ada ban yang dapat menangani kecepatan setinggi itu," kata Mohammad.

Untuk saat ini, dia menjelaskan, kemampuan mobil ini tidak bisa dibuktikan langsung. Bahkan, jika ban ditemukan, mobil hanya disediakan untuk beberapa pelanggan khusus.

"Sangat tidak bertanggung jawab menjual mobil ini kepada mereka yang berusia 18 tahun atau baru saja mendapat SIM, untuk mengendarai mobil dalam kecepatan maksimal," ujarnya.

Banyak kalangan pesimistis dengan klaim tersebut. Mereka menilai itu semua omong kosong sampai menunggu mobil ini bisa diuji kecepatannya. (art)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar