Laman

Jumat, 08 November 2013

Jordania akan ambil kursi Arab Saudi di DK PBB

Ilustrasi. Sidang DK PBB di Sidang Umum PBB ke 68, New York. (REUTERS/Keith Bedford)

Markas PBB, AS (ANTARA News) - Jordania diperkirakan akan mengambil kursi di Dewan Keamanan PBB yang seharusnya diberikan kepada Arab Saudi namun ditolak oleh negara tersebut.

Diplomat mengatakan Jordania sebelumnya enggan mengambil jatah kursi untuk Asia Pasifik di badan PBB beranggotakan 15 negara itu, namun terus didesak oleh Arab Saudi.

Duta besar Jordania untuk PBB Pangeran Zeid al-Hussein kembali ke Amman pada Kamis untuk berkonsultasi mengenai langkah mengejutkan ini, kata seorang diplomat, sebagaimana dilaporkan AFP.

"Jordania berada di bawah tekanan hebat untuk mengambil posisi tersebut," imbuh diplomat lain yang juga membenarkan berita tersebut. Namun, para diplomat Jordania belum berkomentar mengenai isu tersebut.

Arab Saudi menang dalam pemungutan suara Sidang Umum PBB pada 17 Oktober lalu untuk posisi selama dua periode di DK PBB. Namun negara tersebut mengejutkan negara lain saat keesokan harinya mengumumkan menolak posisi tersebut sebagai protes atas kegagalan DK PBB dalam mengatasi konflik Suriah.

Arab Saudi masih bisa mendapat kursi di Dewan Hak Asasi Manusia PBB dalam pemungutan suara pekan depan. Jordania juga akan ikut dalam pemungutan suara itu.

Jordania mundur dari kampanye untuk posisi di dewan HAM pekan ini. Keputusan itu membuka jalan bagi Arab Saudi, China, Maldives dan Vietnam untuk merebut empat kursi Asia Pasifik di dewan itu, yang akan ditentukan dalam pemungutan suara di Sidang Umum pada 12 November.

(S022) 


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar