Laman

Minggu, 10 November 2013

Apple buka pabrik baru di Arizona

Ilustrasi: seri produk iPhone Apple. (FOTO ANTARA/REUTERS/Robert Galbraith)

Jakarta (ANTARA News) - Apple Inc akan membuka fasilitas produksi baru di Arizona, Amerika Serikat, berkerjasama dengan spesialis kristal mineral GT Adwanced Technologies untuk membuat material-material safir bagi perangkat-perangkat elektronik populer Apple.

Proyek itu akan menyerap 700 tenaga manufaktur pada tahun pertama, dan 1300 tenaga konstruksi serta kaitannya di Mesa, Arizona, menurut pernyataan Gubernur Arizona Jan Brewer pada Senin waktu setempat seperti dilaporkan Reuters.

Apple mengkonfirmasi rencana itu, namun tidak menyebut komponen apa yang akan dibuat di fasilitas produksi baru itu termasuk produk yang terkait dengan itu.

GT adalah spesialis dalam perlengkapan kristal untuk elektronik konsumen dan industri-industri lainnya. Perusahaan itu mengatakan telah menandatangani kesepakatan pemasokan tahun jamak dengan Apple untuk menyediakan material safir, seperti yang digunakan di arloji-arloji, instrumen optikal, sirkuit terintegrasi.

Sudah ada laporan-laporan bahwa pembuat-pembuat perangkat sedang melirik kristal safir untuk digunakan pada layar (screen).

GT mengatakan akan menjadi pemilik dan yang mengoperasikan peleburan untuk memproduksi material safir, tetapi Apple akan memiliki fasilitas Arizona itu.

Di bawah kesepakatan pemasokan tersebut, Apple akan membayarkan 578 juta dolar kepada GT, dimana GT akan mengembalikannya kepada Apple dalam jangka waktu lebih lima tahun mulai 2015.

Awal tahun ini, Apple mengungkapkan rencananya untuk memproduksi komputer-komputer di pabriknya di Austin, Texas.

Kerjasama besar seperti yang dilakukan Caterpillar Inc dan General Electric Co telah memindahkan sejumlah produksi ke dalam negeri dalam beberapa tahun ini. Bulan lalu Wal-Mart Store Inc mengumumkan sebuah kampanye untuk membeli lebih banyak produk buatan AS.


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar