Laman

Sabtu, 09 November 2013

9-11-1960: AS Pilih Presiden Termuda

VIVAnews - Pada 53 tahun yang lalu, John Fitzgerald Kennedy terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat termuda lewat pemilihan umum. Kennedy berhasil mengalahkan pesaingnya dari Partai Republik, Wakil Presiden Richard Nixon, dengan keunggulan sangat tipis pada Pemilu saat itu.

Menurut stasiun berita BBC, Kennedy yang saat itu berusia 43 tahun merupakan alumni Harvard dan pahlawan perang. Selain menjadi presiden AS termuda, Kennedy juga menjadi satu-satunya penganut Katolik yang pernah menjabat presiden AS.

Keputusan kemenangan Kennedy tertunda lama karena perbedaan suara tipis, kurang dari 100 ribu suara. Pemilu ini bersejarah karena untuk pertama kalinya televisi berperan penting dalam kampanye presiden.

Kennedy terbunuh pada 22 November 1963 saat baru menjabat presiden selama dua tahun.  Masa pemerintahannya didominasi konflik dengan Uni Soviet, mulai dari insiden Teluk Babi, krisis misil Kuba, persaingan menuju luar angkasa, hingga keputusannya meningkatkan bantuan Amerika kepada pemerintah Vietnam Selatan dan Jerman Barat yang anti komunis. 

Kennedy adalah presiden AS termuda yang meninggal sewaktu masih menjabat. Menurut referensi sejarah, sebenarnya presiden termuda AS adalah Theodore Roosevelt.

Namun, di usia 42 tahun, Roosevelt tampil menjadi presiden bukan melalui pemilu. Pada 1901, sebagai Wakil Presiden AS saat itu, Roosevelt otomatis menjadi kepala negara menggantikan William McKinley, yang tewas dibunuh. (one)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar