Laman

Minggu, 10 November 2013

Menparekraf: Pasar Desain panggung perancang lokal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu (ANTARA)

Pasar Desain dipersiapkan menjadi sebuah ‘panggung’ di mana konsumen dalam maupun luar negeri bisa menemukan desain-desain unik dan bahkan sebagian belum dipasarkan sebelumnya dan merupakan karya-karya terbatas,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berpendapat Pasar Desain merupakan ajang untuk mengembangkan produk desain karya anak bangsa.

"Pasar Desain dipersiapkan menjadi sebuah ‘panggung’ di mana konsumen dalam maupun luar negeri bisa menemukan desain-desain unik dan bahkan sebagian belum dipasarkan sebelumnya dan merupakan karya-karya terbatas," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu saat mengunjungi Pasar Desain Kamis (7/11), dalam rilis pers yang diterima ANTARA News, Sabtu.

Pasar Desain yang diselenggarakan di mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) merupakan pop-up market, pasar kaget, yang memamerkan produk seni seperti karya kriya, lukis, patung, busana, hingga furnitur.

Pada acara itu perancang lokal ditantang untuk membuat produk berharga di bawah Rp1 juta agar dapat menjangkau masyarakat kelas menengah. Dengan tema "glocal/think global act local", Menparekraf menilai berkembangnya jumlah konsumen produk desain dalam negeri telah membuat mata dunia melihat kembali potensi pasar yang sangat besar di Indonesia.

Jumlah populasi yang besar juga menyebabkan bertambahnya kebutuhan properti dalam negeri dan membuka peluang bagi pengusaha yang bergerak di bidang interior dan produk desain.

Pasar Desain merupakan bagian dari upaya mengembangkan ekonomi kreatif khususnya sub-sektor desain arsitektur. Sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi PDB sekitar 7 persen, menyerap 11 juta tenaga kerja, dan membuka 9.7 persen lapangan usaha. 

Arsitektur, sebagai satu dari 15 sub-sektor ekonomi kreatif memberi kontribusi sebesar 4,2 persen atau senilai dengan Rp 19,9 triliun

Penyelenggaraan Pasar Desain ini diharapkan menjadi kiprah para desainer Indonesia dalam menyadarkan masyarakat untuk menghargai produk dalam negeri, berkontribusi dalam meningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat,  serta dapat mengajak semua pemangku kepentingan bidang desain untuk  turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Pasar Desain. (*)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar