Laman

Sabtu, 09 November 2013

Lima Mobil Paling Kencang di Dunia

VIVAnews – Perhelatan Dubai Motor Show 2013 menjadi ajang pamer perusahaan mobil dunia untuk menampilkan line-up mereka.

Dari mobil tercepat, terbesar, termahal, dan termewah, semua dipajang di arena World Trade Centre, Dubai, Uni Emirat Arab.

Lebih dari seratus model mobil meluncurkan yang terbaru, 15 mobil konsep serta beberapa perusahaan mobil menampilkan model yang unik.

Dari sekian banyak yang dipamerkan, mobil yang memiliki kemampuan paling cepat mampu menyedot perhatian khalayak.

Dilansir Emirat247, Jumat 8 November 2013, ajang tahunan ini juga menobatkan lima buah mobil yang memiliki tenaga terdahsyat; Hennessey Venom GT, Devel Sixteen, Bugatti Veyron Meo Constantini, McLaren P1, dan Aston Martin CC100 Speedster.

Hennessey Venom GT

Perusahaan otomotif ini rencananya menetapkan rekor dunia mobil tercepat pada Desember mendatang. Diharapkan, supercar ini dapat berlari dengan kecepatan penuh mencapai 448 km/jam.

Awal tahun ini, model mampu berakselerasi 0-321 km dalam waktu 14,51 detik.

"Kami hanya perlu sedikit banyak ruang untuk mencapai kecepatan tertinggi. Kami akan melakukan drive di sebuah pangkalan udara angkatan laut di Leemore, AS. Kami yakin kecepatan tertinggi akan dicapai di sana," kata David, perwakilan Hennessey Venom GT.

Venom GT dirancang semata-mata untuk menjadi mobil tercepat di dunia. Dengan berat diminimalkan dan efisien untuk batas kewajaran.

"Tentu saja mobil juga harus melihat sedikit menarik, karena merupakan barang komersial. Tetapi, tujuan utama dari desain adalah kecepatan," tambah dia.

Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 29 unit seharga US$1,2 juta itu dibekali mesin LS9 milik General Motors (GM) berkapasitas 7.000cc V8, yang sanggup melontarkan tenaga 1.244 hp.

Devel Sixteen

Supercar yang ikut nongol di Dubai Motor Show 2013, diklaim akan menjadi mobil tercepat di dunia.

"Saya yakin tidak ada yang seperti ini sejauh ini," kata Mohammad Al Attar salah satu pemimpin perusahaan Defining Extreme Vehicles Car Industry.

Hanya saja, Devel Sixteen diklaim sanggup berlari dengan kecepatan 560 km/jam ini memiliki satu masalah dalam melakukan pengetesan, yaitu tidak adanya ban yang tersedia untuk menangani kecepatan tertingginya.

"Kami telah berbicara dengan berbagai perusahaan, bahkan telah mendekati penyedia pesawat. Tetapi, tidak ada ban yang dapat menangani kecepatan tertinggi mobil ini," kata Mohammad.

Untuk jantung pacu, Devel Sixteen mengusung mesin V16 yang dapat menghasilkan tenaga 5.000 hp pada 7.500 rpm. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo 1,8 detik.

Bugatti Veyron Meo Constantini

Sebenarnya mobil ini sama seperti Veyron Grand Sport Vitesse, hanya saja penambahan nama Meo Constantini merupakan sebuah bentuk penghargaan perusahaan tersebut.

Meo Constantini atau Bartolomeo Costantini merupakan manager tim balap Bugatti pada era 1927-1935, yang juga teman dekat dari pendiri Bugatti, Ettore Bugatti.

Mobil ini masih memegang raja mobil tercepat di dunia, kecepatannya hingga 408,84 km/jam. Itu dilakukan pengetesan pada April 2013.

Seperti model terdahulu, jantung pacunya mengusung mesin W16 8.0 liter yang dapat memuntahkan tenaga 1.200 hp dan torsi 1.500 Nm. 

Mobil berkelir biru itu hadir di Dubai Motor Show 2013, dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,6 detik. Rencananya, mobil edisi ini hanya diproduksi tiga unit dengan harga US$2,8 juta.

McLaren P1

McLaren P1 yang notabene merupakan jet tempur darat pengganti McLaren F1 diklaim memiliki daya tarik paling menarik, karena berteknologi maju dan paling dinamis.

"Mengemudi P1 McLaren akan menjadi paling dekat untuk mengendarai mobil Formula 1 di jalanan," kata McLaren Chief Test Driver, Chris Goodwin.

McLaren P1 memiliki interior ciamik, didesain untuk menciptakan kesan pengemudi sedang berada di dalam kokpit pesawat jet tempur.

Jantung pacunya dibekali mesin V8 3.8-liter twin-turbo plus sebuah motor listrik (hybrid), tenaga yang dihasilkan mencapai 916 Hp dan torsi 900 Nm.

Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim bisa melesat dari posisi diam ke 100 km/jam dalam tempo 2,8 detik. Adapun kecepatan tertinggi tembus 350 km/jam, yang dibatasi secara elektrik. Produksi McLaren P1 dibuat terbatas, hanya 375 unit.

Aston Martin CC100 Speedster

Mobil ini juga menjadi salah satu mobil tercepat di Dubai Motor Show 2013. Aston Martin CC100 Speedster adalah mobil sport asal Inggris sebagai bentuk perayaan ulang tahun lahirnya Aston Martin ke-100 .

"Kami mencoba untuk menggabungkan sejarah serta masa depan Aston Martin di mobil ini," kata juru bicara Aston Martin.

Mobil ini mengusung mesin V12 berkapasitas 6.000cc naturally aspirated, yang dikawinkan transmisi sequential manual dengan paddle shift enam kecepatan.

Mobil ini dapat berlari dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4 detik, dengan kecepatan maksimal 290 km/jam. (art)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar