Laman

Jumat, 08 November 2013

Rupiah melemah lagi jadi Rp11.417 per dolar

Nilai rupiah tercatat Rp11.404 per dolar AS pada kurs tengah Bank Indonesia, Jumat (8/11). (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)

Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dalam transaksi antarbank di Jakarta Jumat sore melemah, turun 22 poin menjadi Rp11.417 per dolar AS dari posisi terakhir Rp11.395 per dolar AS pada Kamis (7/11).

Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong mengatakan nilai rupiah masih akan mengalami tekanan dalam jangka menengah.

"Walau sentimen dan kekhawatiran di domestik sudah mereda, namun data-data ekonomi yang terakhir masih menimbulkan pertanyaan pada investor terutama data pertumbuhan ekonomi domestik," katanya.

Tingkat inflasi yang cenderung membaik, menurut dia, merupakan faktor yang paling penting dalam menjaga kestabilan rupiah. Peningkatan kembali inflasi dapat membuat rupiah tertekan signifikan.

Namun, ia melanjutkan, pelaku pasar tidak perlu terlalu mencemaskan volatilitas nilai rupiah selama penjagaan masih dilakukan.

Analis pasar uang Bank Mandiri Renny Eka Putri menambahkan pergerakan nilai tukar rupiah masih dibayangi oleh neraca perdagangan Indonesia yang masih defisit serta melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Isu ke depan, investor akan kembali mencermati kinerja neraca perdagangan Indonesia serta pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya.

Renny menambahkan, sentimen eksternal terutama dari Amerika Serikat masih menjadi pendorong apresiasi dolar AS terhadap mayoritas mata uang dunia, termasuk rupiah.


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar