Laman

Rabu, 06 November 2013

Orang tua harus biasakan anak berbusana sopan

Jakarta (ANTARA News) - Para orang tua harus membiasakan anak-anak berpakaian sopan (tertutup) dan mengajarkan mereka merasa risih jika berpakaian terbuka di setiap kesempatan.

"Anak-anak itu seharusnya diajarkan memakai busana yang sopan. Anak terutama perempuan sekarang kan seringnya pakai baju yang minim," kata editor buku-buku fesyen Nana Lystiani di Jakarta, Selasa.

Menurut Nana, busana terbuka yang minim tidak aman untuk anak. Anak-anak yang terbiasa menggunakan busana terbuka nantinya saat dewasa berpontensi menjadi korban pelecehan.

"Kita kan sering lihat anak kecil pakai rok pendek. Ini kan enggak care buat mereka," ujar ketua dewan juri Kids Fashion Competition: Islamic Fashion ini di akhir acara.

Anak yang telah terbiasa berbusana tertutup (sopan) saat dewasa akan spontan menolak saat ada pria yang mencoba menyentuhnya.

"Nanti kalau dari kecil diajarin rasa risih kan kalau sudah besar ada yang pegang pahanya dia langsung enggak mau. Tapi kalau cuek-cuek saja, yang nanti gampang saja," kata Nana.

Nana menambahkan, kebiasaan berpakaian tertutup ke mana saja merupakan berhubungan dengan langkah untuk belajar memantaskan diri pada anak.

"Anak-anak harus terbiasa memantaskan diri. Ke mana ia pergi, busana apa yang cocok. Misal mau ke makam, enggak mungkin kan pakai celana pendek sampai paha saja," katanya.


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar