Laman

Selasa, 08 Oktober 2013

Kenali tanda kanker kulit dengan ABCDE

Kanker kulit semakin mengancam kesehatan manusia saat ini. Bahkan lebih dari dua juta orang didiagnosis mengidap penyakit ini setiap tahunnya.

Noda yang tiba-tiba muncul di wajah dapat berpotensi sebagai gejala kanker kulit.Oleh karena itu sebagai bentuk pencegahan, Anda dapat mengenali atau mendeteksi penyakit kanker kulit dengan 5 langkah ABCDE seperti dilansir dari mindbodygreen.com berikut ini.

Asymmetry
Jika Anda melihat bahwa noda yang muncul di kulit asimetris, miring, dan tidak beraturan maka Anda patut waspada bahwa noda itu bisa menjadi indikator akan gejala kanker kulit.

Border
Sekali lagi, lihatlah noda yang tiba-tiba muncul tersebut. Apabila noda tersebut tidak memiliki batas dan tidak teratur, maka bisa jadi merupakan gejala kanker kulit.

Color
Noda yang muncul karena adanya pengaruh pigmentasi biasanya mempunyai warna yang merata. Namun apabila warna dari noda tersebut tidak merata, Anda patut untuk waspada.

Diameter
Jika noda yang muncul mempunyai ukuran lebih dari 4 sampai 6 mm, segeralah periksakan noda tersebut ke dokter.

Evolving
Perhatikan noda yang muncul di kulit Anda, apabila noda tersebut berkembang dan tumbuh, itu bisa jadi gejala kanker kulit. Noda di kulit yang umum seperti tahi lalat, bintik-bintik, dan tanda lahir relatif konstan pertumbuhannya dari waktu ke waktu.

Sebelum berkembang menjadi serius, Anda patut mewaspadai noda yang tiba-tiba muncul di kulit Anda. Deteksilah dengan 5 langkah mudah di atas agar Anda terhindar dari kanker kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar