Laman

Selasa, 08 Oktober 2013

Banyak berkeringat berarti banyak kalori terbakar?

Banyak berkeringat berarti banyak kalori terbakar?
Saat Anda berolahraga, banyak keringat yang Anda keluarkan. Sebagian pihak menyebut bahwa itu tandanya kalori Anda banyak yang terbakar. Namun benarkah hal tersebut?

Dilansir dari fitsugar.com, sebenarnya tubuh Anda berkeringat untuk menurunkan suhu tubuh yang sedang tinggi saat Anda berolahraga. Anda dilahirkan dengan mempunyai kelenjar keringat dengan jumlah sekitar 2-4 juta kelenjar keringat dan kelenjar tersebut akan mengeluarkan keringat tergantung dengan aktivitas apa yang Anda lakukan. Selain aktivitas, makanan dan baju yang Anda kenakan juga mempengaruhi berapa banyak keringat yang Anda keluarkan. Selain itu lemak juga dapat bertindak sebagai isolator sehingga orang-orang yang mempunyai kelebihan berat badan akan berkeringat lebih banyak daripada orang dengan berat badan yang normal.

Jadi anggapan yang menyebutkan bahwa saat Anda banyak berkeringat maka banyak kalori yang terbakar nampaknya salah. Hal yang terpenting saat Anda berolahraga adalah seberapa intens Anda berolahraga. Apabila Anda mengalami penurunan berat badan saat berolahraga itu hanyalah cairan tubuh yang hilang dan Anda akan segera mendapatkannya saat Anda redehidrasi sendiri. 

Tenang saja..saat Anda berlari selama 30 menit dan Anda belum berkeringat sedikit pun, Anda masih tetap membakar hampir 300 kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar