Laman

Selasa, 08 Oktober 2013

Ingin Tidur Nyenyak? Ini Lima Kebiasaan yang Paling Harus Dihindari

Jakarta, Kurang tidur bukanlah kondisi yang bisa disepelekan atau diabaikan. Sudah banyak studi yang membuktikan bahwa kurang tidur dapat memancing berbagai gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu kebiasaan apa saja yang membuat insomnia atau kerap begadang.

Kebiasaan-kebiasaan ini tak hanya perlu Anda ketahui dan cermati saja, tapi juga harus dihindari demi mendapatkan tidur yang berkualitas. Simak lima kebiasaan teratas yang harus dihindari jika ingin tidur lebih nyenyak seperti dikutip dari Times of India, Selasa (8/10/2013) berikut ini.

1. Ngemil di malam hari
Sisa pizza atau sekotak donat yang dibeli tadi siang mungkin begitu menggoda Anda, tapi hati-hati, ngemil di malam hari merupakan salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan sekaligus membuat seseorang susah tidur.

Lagipula ngemil larut malam juga dikatakan dapat menyebabkan gastroesophageal reflux disorder (GERD) yang meningkatkan kadar keasaman perut dan membuat seseorang merasa tak nyaman dan tenang menjelang tidur.

2. Terlalu banyak menonton TV
Jangan pernah lengkapi kamar tidur Anda dengan televisi. Pasalnya aktivitas menonton televisi menjelang tidur dapat meningkatkan detak jantung dan membuat otak menjadi begitu aktif, terutama jika Anda gemar menonton serial kriminal. Bahkan paparan program TV yang menampilkan adegan kekerasan juga dapat menyebabkan mimpi buruk bagi orang yang menontonnya.

Untuk itu, dokter menyarankan sejumlah trik untuk membantu merilekskan tubuh, di antaranya meditasi, tidur dalam posisi meringkuk dan membaca buku.

3. Lembur
Kebiasaan lembur di kantor atau membawa pekerjaan ke rumah justru dapat menyebabkan stres yang berujung pada insomnia dan hilangnya selera makan. Membahas tentang bahan pekerjaan yang akan dipresentasikan esok hari atau berdiskusi dengan rekan kerja menjelang jam tidur membuat otak menjadi lebih waspada, termasuk meningkatkan adrenalin dan kadar stres seseorang. Orang yang bersangkutan tentu jadi sulit tidur nyenyak.

4. Banyak bicara
Terkadang karena aktivitas yang padat seharian, Anda baru bisa sharing dan berduaan dengan pasangan saat jam tidur tiba. Sebetulnya tak jadi soal, tapi perlu diantisipasi jika hal ini berubah menjadi perdebatan antarpasangan yang dapat menaikkan tingkat energi, termasuk memunculkan amarah sekaligus rasa takut sehingga membuat seseorang sulit terpejam.

Pasangan yang baru saja bertengkar juga cenderung sulit tidur setelahnya. 

5. Olahraga malam
Rutin berolahraga tentulah kebiasaan baik yang harus diadopsi setiap orang, asalkan tidak dilakukan di malam hari. Menurut para pakar, hal ini ada kaitannya dengan suhu tubuh dan kualitas tidur. Pasalnya seseorang baru bisa tidur jika suhu tubuhnya lebih rendah dari normal, sedangkan olahraga berakibat pada peningkatan suhu tubuh beserta metabolismenya. Tentu saja ini tidak ideal bagi Anda yang ingin segera tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar