Laman

Kamis, 15 Agustus 2013

Mitos: Kanker Payudara Tak Bisa Dicegah

(c) shutterstock
Vemale.com - Ladies, sebagai wanita, kita tentunya pernah membahas tentang kesehatan dengan teman sebaya ya. Mungkin kanker payudara adalah salah satu dari sekian banyak topik kesehatan yang menarik untuk dibahas.
Nah, pernahkah mendengar pernyataan kalau kanker payudara tidak bisa dicegah? Ya, beberapa orang memang meyakini hal ini. Kalau memang menderita kanker payudara, pasti akan datang saatnya. Dan ini tidak bisa dicegah. Benarkah?
Cancer.org menyatakan bahwa pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Memang, ada beberapa faktor penentu kanker payudara yang tidak bisa kita kontrol. Seperti misalnya faktor genetik, silsilah keluarga, dan juga usia ketika kita mengalami menstruasi pertama kali, serta menopose.
Namun, satu hal yang harus diingat adalah, ada faktor-faktor lainnya yang bisa kita kontrol. Seperti misalnya dengan cara mengontrol berat badan agar tidak terjadi obesitas. Seperti yang kita tahu, bahwa obesitas adalah salah satu pemicu kanker payudara.
Lantas, bagaimana nih cara mencegah terjadinya obesitas?
Bisa dengan cara mengontrol makanan sehari-hari yang ada di daftar menu kita. Yuk atur ulang list makanannya. Agar tidak terlalu banyak makanan yang berlemak.
Nah, berikutnya yaitu aktivitas tubuh yang juga bisa kita kontrol. Sebuah penelitian membuktikan bahwa rata-rata, wanita yang aktif akan memiliki risiko yang lebih rendah sebesar 25% daripada mereka yang hanya melakukan aktivitas yang sedikit.
Yuk, mulai sekarang, lebih hati-hati lagi ya ketika mendengar mitos!
Oleh: Septia Ningrum
(vem/tyn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar