Laman

Rabu, 03 April 2013

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Cara Menyikat Gigi Yang Baik dan Benar - menyikat gigi merupakan kebiasaan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut kita, tapi kalau tidak disertai dengan cara yang baik dan benar justru tidak efektif dan kurang maksimal, nah kali ini kita akan kupas tuntas bagaimana Cara Sikat Gigi Yang Benar sesuai dengan anjuran para dokter gigi Indonesia.

Cara Sikat Gigi Yang Benar


1. Pegang sikat pada sudut sekitar 45 dejarat dari gusi Anda. Sikat lembut gigi Anda secara perlahan. Hindari menyikat gigi terlalu keras karena dapat menyebabkan gusi Anda terluka, sensitivitas gigi meningkat (menjadikan gigi sensitif), dan lapisan gigi menipis.

2. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi, atas dan bawah, serta bagian depan dan gusi, pegang sikat hampir vertikal, dengan gerakan bolak-balik

3. Gunakan gerakan maju mundur dan sapu juga bagian lidah Anda. Pasalnya, lidah adalah salah satu favorit kuman dan bakteri.

4. Sikat gigi yang baik umumnya berlangsung selama sekitar dua menit. Anda bisa menyikat gigi sambil mendengarkan musik selama dua menit. Jika sikat gigi Anda adalah sikat gigi elektrik, biasanya terdapat timer yang bisa diatur sesuai keinginan atau sesuai lama waktu Anda menyikat gigi.

5. Para ahli menyarankan Anda untuk menyikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride. Penggunaan fluoride dapat menurunkan jumlah bakteri dan mengurangi terjadinya plak di gigi. Jika sudah ada plak, maka akan timbul karang gigi dan sulit dibersihkan dengan sikat gigi. Untuk membersihkan karang gigi, Anda harus ke dokter gigi

6. Ganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan sekali. Kenapa? karena bulu sikat dapat mengumpulkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di gusi dan bagian lain di rongga mulut Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar