Laman

Jumat, 24 Januari 2014

Masih Pengantin Baru Tapi Sudah Susah Ereksi


Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta. Dok, saya menikah sudah 3 minggu. Pada awal menikah hubungan seksual masih lancar, namun akhir-akhir ini saya susah mengalami ereksi. Apakah kebiasaan onani dari umur belasan tahun mempengaruhi hal tersebut? Dan apakah kebiasaan saya menahan agar tidak ereksi juga mempengaruhi? Bagaimana solusi terbaik untuk saya? Sebagai info selama saya menikah tidak pernah mengonsumsi obat kuat atau jamu apapun. Terimakasih.

Gusti (Pria Menikah, 26 tahun), andiXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 167 cm dan berat badan 65 kg

Jawaban

Mengingat usia Anda, 26 tahun, yang relatif muda, serta pada awal menikah hubungan intim masih lancar, terlampau dini untuk menetapkan Anda mengalami disfungsi ereksi (DE). Kemungkinan yang Anda alami adalah DE temporer, akibat menurunnya kebugaran jasmani dan psikis (sedang stres).

Kebiasaan onani tidak akan menyebabkan DE, tapi bisa menimbulkan ejakulasi dini (ED).

Dianjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda untuk memastikan penyebab dan solusi pengobatannya.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

(mer/vit)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar