Laman

Jumat, 16 November 2012

Ternyata Panda Purba Hidup Di Spanyol



Cina merupakan habitat asli panda di zaman modern ini. Hal tersebut tampaknya berbeda dengan ditemukannya fosil panda oleh para arkeolog di Spanyol. Fosil panda yang baru didapati ini memberikan kesimpulan baru tentang panda, yakni nenek moyang mereka yang tertua dahulu mendiami wilayah Spanyol. Panda merupakan salah satu kerabat dari beruang, sebagian besar kerabat keluarga beruang adalah hewan karnivora dan pemakan segalanya(omnivora). 

Tetapi lain halnya dengan panda yang makanan utamanya adalah bambu. Panda akrab dengan masyarakat dunia dengan warna hitam dan putih serta tubuhnya yang besar dan mirip dengan beruang. Seorang paleontolog dari Spanyol, Juan Abella mengatakan bahwa sebelum ditemukannya fosil panda raksasa ini, fosil panda raksasa hanya didapati di wilayah Cina dengan usia tertua 8,2 juta tahun. Dari penggalian diperoleh fosil panda raksasa dengan 2 set rahang beserta giginya. Setelah diteliti oleh para ilmuwan, dipastikan fosil tersebut dari spesies awal pada garis keturunan panda. Tempat penggalian fosil ini di daerah timur laut Spanyol. Fosil panda raksasa ini berusia sekitar 11,6 juta tahun. 

Diprediksikan panda raksasa hidup di Kala Miosen Tengah dimana pada zaman ini wilayah Spanyol beriklim sangat bersahabat dengan jenis hewan seperti panda. Udara yang lembab, hangat, dan Spanyol masih terdapat hutan belantara yang jumlahnya banyak. Abella menuturkan bahwa penemuan jenis panda raksasa ini adalah pertama kali ditemukan di Semenanjung Iberia, bahkan menjadi pertama pada keturunan panda raksasa di dunia. Panda purba ini dinamakan dengan Kretzoiarctos beatrix. Kretzoiarctos diambil dari nama seorang paleontologi yang berkecimpung dengan penggalian fosil-fosil jenis panda.

 Sedangkan beatrix  dari nama teman kerja Kretzoi. Rekaan ulang pada fosil tersebut menunjukkan bahwa panda purba Spanyol mempunyai berat kurang dari 60 kg. Beratnya sama persis dengan beruang matahari yang merupakan spesies terkecil dari keluarga beruang saat ini. Bentuk giginya menunjukkan panda purba ini adalah pemakan segalanya (omnivora), dia akan memakan jenis makanan dari tumbuhan dan daging. Tetapi kelebihannya adalah bentuk giginya yang dapat mengoyak tanaman keras seperti halnya bambu. Abella mengungkapkan bahwa di Spanyol kala itu tidak ada bambu, tapi terdapat tanaman-tanaman yang menyerupai bambu.

Read more at http://uniqpost.com/53624/ternyata-panda-purba-hidup-di-spanyol/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar